MEMBANGUN GENERASI EMAS: Strategi Pendidikan Berbasis Karakter
Harga : Rp 138.000;
Cetakan 1, Agustus 2024
17,6 x 25 cm, xvi + 220 Halaman
ISBN: 978-623-10-2759-7
Penulis :
Juvrianto Chrissunday Jakob
Jati Rinakri Atmaja
Ilma Fahmi Aziza
Dian Kusumawati
Eka Yulia Khoerunnisa
Nur Kur’ani
Siti Maisarah
Abdi Yalida
Alex Andaria
Ira Palupi Inayah Ayuningtyas
Roni Nugraha Syafroni
Suwarni
Loso Judijanto
Ika Nur Azmi
Editor :
Isry Laila Syathroh
Dimas Adika
Desain Cover :
Riski Prahmana Putra
Buku ini membahas tentang :
Buku ini menceritakan tentang pentingnya pendidikan berbasis karakter dalam membangun generasi emas yang berkualitas dan berintegritas. Melalui serangkaian bab yang komprehensif, pembaca akan dibimbing memahami konsep dasar, landasan teoritis, hingga implementasi praktis pendidikan karakter di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini juga menggarisbawahi peran penting orang tua, studi kasus nyata, serta evaluasi dan assesmen dalam memastikan efektivitas pendidikan karakter. Tak hanya itu, teknologi dan tantangan dalam penerapan pendidikan karakter juga dibahas secara mendalam, memberikan solusi praktis bagi para pendidik dan pemangku kepentingan. Dengan fokus pada konteks Indonesia, buku ini menawarkan pandangan yang holistik mengenai masa depan pendidikan berbasis karakter, serta pentingnya pengembangan profesional guru dan peran institusi pendidikan dalam mendorong pembelajaran berbasis masalah.
Berikut bab yang akan dibahas pada buku ini :
Bab 1: Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Karakter
Bab 2: Landasan Teoritis Pendidikan Karakter
Bab 3: Desain Kurikulum Pendidikan Berbasis Karakter
Bab 4: Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah
Bab 5: Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter
Bab 6: Studi Kasus Implementasi Pendidikan Karakter
Bab 7: Evaluasi dan Assesmen Pendidikan Karakter
Bab 8: Pendidikan Karakter dan Pengembangan Moral
Bab 9: Teknologi dan Pendidikan Karakter
Bab 10: Tantangan dan Solusi dalam Pendidikan Karakter
Bab 11: Pendidikan Karakter dalam Konteks Indonesia
Bab 12: Pengembangan Profesional Guru dalam Pendidikan Karakter
Bab 13: Masa Depan Pendidikan Berbasis Karakter
Bab 14: Peran Institusi Pendidikan dalam Mendorong Pembelajaran Berbasis Masalah