TEORI DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN: Pendekatan Inovatif dalam Pendidikan
Harga : Rp 276.000;
Cetakan 1, Juni 2025
17,6 x 25 cm, xviii + 360 Halaman
ISBN: 978-623-89919-7-6
Penulis :
Dian Kusumawati
Isna Muhammad Fathoni
Nursofah
Erwinda Gracya Laman
Loso Judijanto
Aris Dianto
Alfi Suciyati
Eka Setiawati
Jontra Jusat Pangaribuan
Ayu Siska Tri Mayasari
Gamar Abdullah
Marudut Bernadtua Simanjuntak
Ristiani
Izuddinsyah Siregar
R.Herlan Guntoro
Rudy Budiatmaja
Pargaulan Dwikora Simanjuntak
Jaya Alamsyah
Iksan Saifudin
Editor :
Maria Florentina Rumba
Indar Sabri
Desain Cover :
Riski Prahmana Putra
Buku ini membahas tentang :
Buku ini membahas tentang berbagai teori dan praktik pembelajaran dengan pendekatan inovatif yang relevan untuk menghadapi tantangan pendidikan masa kini. Buku ini menguraikan prinsip-prinsip pembelajaran efektif, peran penting pendidik, serta strategi dan model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan metode interaktif. Dengan fokus pada pengembangan kurikulum yang adaptif dan evaluasi yang autentik, buku ini bertujuan membantu pendidik menciptakan lingkungan belajar yang menarik, kolaboratif, dan mampu mengembangkan karakter serta keterampilan siswa secara menyeluruh di era digital.
Berikut bab yang akan dibahas pada buku ini :
Bab 1: Konsep Dasar Pembelajaran
Bab 2: Prinsip – Prinsip Efektif dalam Pembelajaran
Bab 3: Peran Pendidik dalam Proses Pembelajaran
Bab 4: Model-Model Pembelajaran Inovatif
Bab 5: Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi
Bab 6: Desain Pembelajaran yang Menarik dan Interaktif
Bab 7: Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran
Bab 8: Pembelajaran Berbasis Diefrensiasi
Bab 9: Pembelajaran Kolaboratif dan Berbasis Sosial
Bab 10: Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran
Bab 11: Penilaian Autentik dalam Pembelajaran
Bab 12: Feedback dan Perbaikan Pembelajaran
Bab 13: Pendidikan di Era Digital dan Revolusi Industri 4.0
Bab 14: Inovasi dalam Kurikulum dan Pembelajaran
Bab 15: Pendidikan Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics)
Bab 16: Manajemen Kelas yang Efektif Rudy Budiatmaja
Bab 17: Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran
Bab 18: Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran
Bab 19: Studi Kasus Pembelajaran Inovatif di Sekolah