Sel. Jun 18th, 2024

STRATEGI PENULISAN BUKU REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

PEMBAHASAN SINGKAT MATERI WORKSHOP
Apa itu AI?
AI, atau Kecerdasan Buatan, adalah cabang ilmu komputer yang berfokus pada pembuatan sistem yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.
Tugas-tugas ini mencakup hal-hal seperti memahami bahasa alami (cara kita berbicara dan menulis), mengenali pola, memecahkan masalah, dan belajar dari pengalaman.
Sebagai contoh, bentuk sederhana dari AI adalah filter spam di email Anda. AI belajar mengenali pola kata atau frasa yang biasa ditemukan dalam email spam, lalu menggunakan pengetahuan ini untuk menyaring email serupa di masa mendatang.

Apa itu Model Bahasa?
Model bahasa adalah jenis AI yang dilatih untuk memahami dan menghasilkan bahasa manusia. Model ini belajar dari data teks dalam jumlah besar, menangkap pola, tata bahasa, dan konteks bahasa.
Sebagai contoh, jika Anda memberi input model bahasa dengan frasa “It’s raining cats and…”, model bahasa tersebut kemungkinan besar akan melengkapi frasa tersebut menjadi “dogs” karena telah melihat frasa ini berkali-kali dalam data pelatihannya.

Bagaimana Cara Kerja Model Bahasa?

Model bahasa yang paling canggih, seperti GPT-4 (model yang dikembangkan oleh OpenAI), menggunakan jenis pembelajaran mesin yang disebut deep learning. Model ini memiliki struktur yang disebut jaringan saraf, yang terinspirasi oleh otak manusia.
Konsepnya seperti kita mengajarkan bentuk “kucing” kepada seorang anak. Kita menunjukkan kepada mereka banyak gambar kucing yang berbeda, dan setiap kali, kita berkata, “Ini adalah seekor kucing.”
Seiring berjalannya waktu, si anak mulai memahami ciri-ciri umum yang membuat seekor kucing menjadi kucing- yaitu memiliki empat kaki, bulu dan ekor.
Model bahasa belajar dengan cara yang sama. Mereka diperlihatkan banyak contoh kalimat, dan seiring berjalannya waktu, mereka mulai memahami pola umum yang membuat sebuah kalimat menjadi sebuah kalimat.
Namun perlu diingat, meskipun model-model ini dapat menghasilkan teks yang sangat mirip dengan manusia, mereka tidak benar-benar memahami bahasanya. Mereka hanya pandai mengenali pola dan memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya berdasarkan apa yang mereka lihat sebelumnya.

LINK PENDAFTARAN:
http://bit.ly/WorkshopLSI_24Juni2023

PEMATERI:
Ronal Watrianthos, S.Kom., M.Kom

MODERATOR:
Jefri Junifer Pangaribuan, S.Kom., M.TI.

PELAKSANAAN:
– ZOOM dan Live YouTube
– Sabtu, 24 Juni 2023
– 09.00 WIB s/d Selesai

FASILITAS PESERTA:
Sertifikat Peserta
Surat Undangan Peserta
Rekaman Materi
Softcopy Materi
Group Support
Foto Bersama

VIDEO REKAMAN

By admin

2 thoughts on “WORKSHOP NASIONAL STRATEGI PENULISAN BUKU REFERENSI DENGAN MEMANFAATKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)”
  1. Terimakasih, artikel terkait wordkshop yang memanfaatkan teknologi AI sangat menarik untuk dibahas. Perkembangan teknologi saat ini sungguh mengagumkan. Salah satu inovasi menarik adalah keberadaan Web AR, sebuah platform berbasis Augmented Reality yang berhasil menggabungkan realitas fisik dengan elemen-elemen digital, pengalaman kita diperkaya melalui informasi visual yang menarik, sekaligus meningkatkan interaksi dengan lingkungan sekitar secara nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *